Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar

Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar
Selamat Datang di Website Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar
Satria Multimedia

Mengulik Sedikit Tentang Penyakit Gonorrhea, Apa Itu Gonorrhea ?

 Mengulik Sedikit Tentang Penyakit Gonorrhea, Apa Itu Gonorrhea

Oleh : Khairina Isnawaty, S. Kom., MPH

“Tadi pagi saya bertemu dengan pasien dengan keluhan demam tinggi, sambil malu – malu temannya yang mengantar berobat bilang :

“dok, ini teman saya mau periksa, sebenarnya beberapa hari ini kalau pas kencing katanya rasanya panas dan sakit, keluar nanah juga”

“Lalu saya lihat identitasnya umurnya baru 16 tahun, ketika tak tanyain sudah pernah berhubungan seksual apa belum ? pernah katanya sama pacarnya, lha pacarnya umur berapa ? dia bilang umur pacarnya 14 tahun…Astagfirulloh… Dia malu periksa tapi dia tidak ada rasa malu sama Alloh ? pertanyaan saya selanjutnya ini siapa yang menulari siapa ? si cewek yang 14 tahun ini apakah sudah sering juga berhubungan seksual hingga akhirnya menularkan kuman Gonorrhea ke pasien saya tadi, atau sebaliknya… si cowok sudah sering gonta ganti pasangan dan akhirnya tertular Gonorrhea dari orang lain dan ujungnya menulari pacarnya juga. Sudah begitu mengerikan kah pergaulan bebas remaja kita ? hingga aktifitas sex diluar nikah dianggap biasa bagi mereka. Awalnya mungkin hanya berpegangan tangan, lalu rangkulan, dan lama-lama berhubungan badan”

            Cerita diatas merupakan kutipan cerita dari dr. Wahyu Triasmara yang saya kutip dari tulisan beliau di sosial media, dari cerita tersebut ada satu kata yang membuat saya tertarik untuk mengulik lebih dalam mengenai arti makna dari kata tersebut yaitu kata “Gonorrhea”. Sedikit demi sedikit saya mencari informasi mengenai penyakit Gonorrhea tersebut, mulai dari pengertian, gejala dan informasi lain dari penyakit Gonorrhea ini.

            Neisseria Gonorrhoeae atau Gonorrhea merupakan penyebab penyakit infeksi seksual yang menular (Gonor), merupakan masalah kesehatan yang global. WHO sendiri memperkirakan bahwa setiap tahunnya ada sekitar 106 juta kasus Gonor baru di seluruh dunia. Namun, diperkiraan juga kasus Gonor ini akan meningkat setiap tahunnya, yaitu dilihat dari kegagalan pengobatan dan terutama karena peningkatan jumlah kasus Gonor ini sendiri (Craig et al., 2015).

            Penyakit Gonor merupakan penyakit yang berbahaya karena penyakit ini bisa menjangkiti siapapun yang tidak benar menjaga merawat kebersihan organ vital. Penyakit Gonor berawal dari bakteri, dimana bakteri yang banyak ditemukan di toilet ini menginfeksi tubuh bagian dalam sehingga sulit untuk diketahui pada saat gejala awal. Penyakit ini baru akan cepat penularannya jika berhubungan seksual. Wanita paling mungkin untuk terkena penyakit ini, karena bakteri gonor paling suka di daerah lembab seperti leher rahim dan vagina. Sehingga bagian tubuh yang paling mudah terinfeksi adalah vagina, akan tetapi bagian tubuh yang lain juga memungkinkan terinfeksi penyakit ini seperti kulit tangan, kulit kaki dan juga anus karena jalan keluarnya fases yang kotor (“Penyakit Gonorrhea,” 2015).

            Sekitar 10 persen pria yang terinfeksi dan 50 persen dari wanita yang terinfeksi tidak mengalami gejala sehingga banyak penderita gonore menularkannya kepada pasangan mereka tanpa disadari. Gejala penyakit ini  sering keliru dianggap sebagai infeksi vagina atau infeksi saluran kemih. Infeksi akan menjalar ke organ panggul wanita jika tidak segera diobati dan bisa menyebabkan pendarahan pada vagina, sakit pada perut bagian bawah, demam, dan sakit saat melakukan hubungan seksual. Gejala gonore yang sering muncul, baik pada pria maupun wanita, di antaranya adalah saat buang air kecil akan terasa sakit atau perih dan keluarnya cairan kental berwarna kuning atau hijau dari vagina atau penis. Oleh karena itu, penyakit ini dikenal dengan sebutan ‘kencing nanah’ (“Pengertian Gonore,” 2015). 

REFERENSI

Craig, A. P., Gray, R. T., Edwards, J. L., Apicella, M. A., Jennings, M. P., Wilson, D. P., & Seib, K. L. (2015). The potential impact of vaccination on the prevalence of gonorrhea. Vaccine, 33(36), 4520–5. doi:10.1016/j.vaccine.2015.07.015

Pengertian Gonore. (2015). Retrieved from http://www.alodokter.com/gonore

Penyakit Gonorrhea. (2015). Retrieved from http://penyakitgonorrhea.com/

 

“Mohon Mencantumkan Sumber Jika Ingin Mengcopy Artikel Ini”