Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar

Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar
Selamat Datang di Website Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar
Satria Multimedia

Sistem Telemedicine Berbasis Short Message Service (SMS) Sebagai Media Konsultasi Ibu Hamil

 SISTEM TELEMEDICINE BERBASIS SHORT MESSAGE SERVICE (SMS) SEBAGAI MEDIA KONSULTASI UNTUK IBU HAMIL 

Oleh : Khairina Isnawaty, S. Kom., MPH 

Penggunaan  SMS  untuk  kesehatan  sudah  banyak  dilakukan  dmasyarakat,  seperti  motivasi  untuk  berhenti merokok,  pencegahan   Diabetes  Mellitus  dan  pengingat  bagi  penderita  TB.  Beberapa  inovasi  SMS  telah membuktika efektivitasnya Namun  masih  sedikit  pemanfaatan   teknologi  SMS  untuk  konsultasi  kesehatan, terutama  untuk  kesehatan  ibhamil.  Di  satu  sisi  ibu  hamil  menjadi  target  MDGs  yang  perlu  mendapat perhatian akibat tingginya kematian ibu melahirkan.

Mekanisme SMS reminder  dengan mengirimkan  SMS secara otomatidengan text yang sudah didesain berkaitan  dengan topik komplikasi  dan asupan gizi bagi ibu hamil. Secara teknis  SMS gateway  dapat digunakan  sebagai  media konsultasi kesehatan.  SMS dipersepsikan  mudah, menarik   dan  tepat   sasara sebaga medi konsultasi   kesehatan ibu hamil karena terbukti   bermanfaa untuk memberikan informasi kesehatan kepada ibu hamil sehingga dapat meningkatkan kesadaran ibu dalam melakukan pemeriksaan kehamilan rutin (antenatal care) pada tenaga medis khususnya di daerah terpencil.

       Aplikasi  reminder ini dibuat menggunakan seperangkat hardware dan software. Hardware yang digunakan adalah sebuah komputer dengan Processor Intel Pentium, RAM 4 GB, dan harddisk 500 GB, serta sebuah modem dan SIM card GSM atau CDMA. Sedangkan software yang digunakan adalah Windows 7 32-bit, Adobe Dreamweaver untuk editing script PHP, software Gammu dan XAMPP.

              Mekanisme model rancangan SMS reminder : Pada dasarnya cara kerja SMS gateway atau reminder  hampir sama dengan mengirimkan SMS melalui handphone pada umumnya. Hanya saja, berbeda pengiriman bukan lagi dengan handphone, tetapi modem GSM, modem inilah yang dikendalikan oleh Personal Computer (PC) menggunakan Aplikasi SMS gateway yang akan diaplikasikan.

   Sistem reminder konsultasi ibu hamil ini dikirim menggunakan   SMS   langsung   menuju nomor handphone ibu hamil. Untuk pihak dokter atau tenaga medis digunakan sebuah interface sistem berupa website, yang akan dioperasikan oleh admin. Admin adalah petugas puskesmas yang ditugaskan khusus untuk mengawasi dan menjalankan sistem reminder. Implementasi sistem reminder ini menggunakan pola client server. Dimana dalam server akan mengandung 2 modul, yaitu modul web dan SMS gateway.  Keuntungan  dari  arsitektur ini adalah proses set up sistem yang cepat, tidak tergantung pada salah satu provider saja. Bagi ibu hamil, sistem ini juga mendukung untuk digunakan dengan berbagai jenis handphone, tanpa tergantung merk maupun jenis handphone.

 

REFERENSI

Herlina, S., Sanjaya, G. Y., & Emilia, O. (2013). Evaluasi SMS Reminder Untuk Promosi Kesehatan Pada Ibu Hamil Di Kecamatan Astambul. Gadjah Mada University.

Wilieyam, & Sevani, G. N. (2013). SMS Based Gateway Patient Medication Reminder Application. Informatika Komputer Jurnal, 7(1).

 

 “Mohon Untuk Mencantumkan Sumber Jika Ingin Mengcopy Artikel Ini”