Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar

Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar
Selamat Datang di Website Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar
Satria Multimedia

Akreditasi Puskesmas Kabupaten Banjar Tahun 2017

17-11-2017

Martapura /// Guna meningkatkan mutu pelayanan kesehatan bagi masyarakat terutama di pedesaan, Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) harus memiliki akreditasi sebagai pengakuan terhadap hasil dari proses penilaian kesesuaian proses dengan standar yang berlaku. Pelaksanaan Akreditasi Puskesmas sudah direncanakan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia sejak tahun 2015 dan pada tahun 2019 semua puskesmas di Indonesia wajib terakreditasi.

Rangkaian kegiatan Survey Akreditasi bagi Puskesmas di wilayah kabupaten Banjar pada tahun 2017 ini segera dimulai. Puskesmas Martapura Barat dan Puskesmas Karang Intan I adalah Puskesmas yang mendapat giliran pertama kali untuk disurvey.  Kepala Dinas Kesehatan Kab. Banjar Bapak Ikhwansyah M. Kes mengatakan bahwa total untuk tahun ini ada 10 (sepuluh) Puskesmas akan diakreditasi.  Di Kabupaten Banjar sudah terdapat 5 (lima) Puskesmas yang sudah terakreditasi, sehingga nantinya akan terdapat 15 (lima belas) Puskesmas yang sudah teakreditasi. Tandas beliau lagi bahwa Pemkab Banjar terutama Dinas Kesehatan sangat mendukung akreditasi Puksesmas ini sebagai wujud usaha peingkatan mutu pelayanan kesehatan,  sehingga jika mampu memberikan pelayanan sesuai standar yang telah ditetapkan, maka semuanya akan berjalan dengan baik dan kalau kepercayaan masyarakat meningkat, pasti partisipasi terhadap bidang kesehatan juga akan meningkat,” katanya.

Akreditasi sendiri adalah Pengakuan terhadap Puskesmas yang diberikan oleh lembaga independen penyelenggara akreditasi yang ditetapkan oleh Menteri setelah dinilai bahwa puskesmas itu memenuhi standar pelayanan fasilitas kesehatan tingkat pertama yang telah ditetapkan untuk meningkatkan mutu pelayanan secara berkesinambungan.

   Untuk mengetahui kualitas pelayanan Puskesmas, Tim Surveyor Akreditasi Puskesmas dari Komisi Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI menyambangi Puskesmas Martapura Barat Kecamatan Martapura Barat, Senin (13/11/2017). Kedatangan delegasi Kemenkes diwakili oleh Surveyor Administrasi dan Manajemen, Aspiansyah, SKM, surveyor Usaha Kesehatan Perorangan(UKP), dr. Mulyadi Halim dan Surveyor Usaha Kesehatan Masyarakat (UKM), Rusli, SKM, M. Epid. Kedatangan tim surveyor disambut tim pendamping akreditasi Puskesmas.  Menurut Kepala Seksi Akreditasi dan Rujukan Dinkes Banjar yang mendampingi, Hj Samsinar SKM, Puskesmas Martapura Barat ditetapkan sebagai salah satu Puskesmas yang ikut penilaian akreditasi untuk tahun 2017 ini.  Puskesmas ini tergolong Puskesmas non rawat inap, namun terus berupaya akan meningkatkan mutu pelayanan sesuai standar Puskesmas terbaik,  dan langkah persiapan menuju akreditasi Puskesmas sudah dilaksanakan persiapan sejak tahun lalu " paparnya.