PERINGATAN HARI GIZI NASIONAL (HGN) KE 58 TAHUN 2018 TINGKAT KABUPATEN BANJAR

Gizi merupakan salah satu komponen yang harus dipenuhi suatu bangsa untuk mewujudkan masyarakat yang sehat, terutama pada periode 1000 Hari Pertama Kehidupan. Dalam percepatan perbaikann gizi, pemerintah telah mengeluarkan Peraturan Presiden nomor 42 tahun 2013 tentang Gerakan Nasional Percepatan Perbaikan Gizi yang focus pada 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK). Gerakan ini mengedepankan upaya bersama antara pemerintah dan masyarakat, melalui penggalangan partisipasi dan kepedulian pemangku kepentingan secara terencana dan terkoordinasi.

Salah satu prioritas Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2015-2019 adalah perbaikan gizi khususnya Stunting. Stunting terjadi karena kekurangan gizi kronis yang disebabkan oleh kemiskinan pada pola asuh tidak tepat, yang mengakibatkan kegagalan pertumbuhan, kemampuan kognitif tidak berkembang maksimal, mudah sakit dan berdaya saing rendah, sehingga bisa terjebak dalam kemiskinan.

Peringatan Hari Gizi Nasional (HGN) ke 58 Tahun 2018 Kabupaten Banjar yang jatuh pada tanggal 25 Januari 2018 yang puncak acaranya pada tanggal 28 Januari 2018 di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Ratu Zalekha Martapura dengan tema “Bersama Membangun Gizi Menuju Bangsa Sehat Berprestasi”, dan Sub Tema “ Mewujudkan Kemandirian Keluarga dalam 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) untuk pencegahan Stunting”. Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar bekerjasama dengan DPC PERSAGI Kabupaten Banjar, yang dibuka oleh Bupati Banjar Bapak KH. Khalilurrahman. Dalam sambutannya Bupati Banjar berharap dalam “Peringatan Hari Gizi Nasional tersebut dapat menghasilkan komitmen dan kolaborasi semua elemen masyarakat untuk bekerja sama-sama mencegah stunting untuk mencapai masyarakat yang sehat dan sejahtera”.

Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar sangat berkominmen dalam upaya perbaikan gizi masyarakat dalam rangka membangun sumber daya manusia dimasa depan, terutama pada 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) yang dimulai sejak janin dalam kandungan hingga anak berusia 2 (dua) tahun, adalah masa kritis yang menentukan masa depan seorang anak.

Acara ini dihadiri oleh Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banjar, Kepala SKPD Terkait Lingkup Pemerintah Kab. Banjar, Ketua Organisasi Profesi Cabang Kabupaten Banjar dan Masyarakat sekitar, dan dilaksanakan acara sebagai berikut :

  1. Senam Sehat Bersama
  2. Pemeriksaan Kesehatan (pemeriksaan gula darah sebanyak 200 orang)
  3. Pekan Konseling Gizi (tanggal 25 sd 31 Januari 2018 pelayanan bisa di Rumah Sakit dan Puskesmas di wilayah kabupaten Banjar)
  4. Pemberian Makanan Tambahan (sebanyak 250 paket)