DETEKSI DINI KANKER CERVIK DAN KANKER PAYUDARA DENGAN PEMERIKSAAN IVA DAN SADANIS

IVA (Inspeksi Visual Asam Acetat) adalah pemeriksaan leher Rahim (serviks) dengan cara melihat langsung (dengan mata telanjang) leher Rahim setelah memulas leher Rahim dengan larutan asam asetat 3 sampai dengan 5 %. Pemeriksaan IVA merupakan pemeriksaan yang dilakukan untuk mendeteksi kanker leher rahim dan juga skrining alternative dari pap smear. Pemeriksaan ini lebih murah, praktis, sangat mudah untuk dilkasanakan dan peralatan sederhana yang dapat dilakukan oleh tenaga kesehatan selain dokter ginekologi.

Deteksi dini kanker payudara bisa dilakukan dengan Sadari alias periksa payudara sendiri atau mammografi, atau dengan cara sadanis. Sadanis atau periksa payudara klinis adalah pemeriksaaan pada payudara oleh tenaga kesehatan (nakes) terlatih.

Dalam rangka kegiatan bulan kanker nasional, Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar khususnya Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular melakukan kegiatan pemeriksaan IVA, Penyuluhan Kesehatan serta pelayanan kesehatan pada tanggal :

  1. 6 Februari 2018 Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar bekerjasama dengan Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan Dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kabupaten Banjar melakukan Pemeriksaan IVA dan Pelayanan KB di desa Sumber Harapan Kecamatan Sungai Pinang. Dalam acara tersebut dihadiri oleh Bapak Camat Sungai Pinang beserta isteri ( Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Sungai Pinang) dan Pembekal diwilayah Kecamatan Sungai Pinang. Kegiatan tersebut terlayani sebanyak 19 orang.

 

  1. 8 Februari 2018 dalam rangka Hari Ulang Tahun Yayasan Kemala Bhayangkari, Polres Banjar bekerjasama dengan Dinas Kesehataan Kabupaten Banjar melakukan pemeriksaan deteksi dini kanker servik dan kanker payudara ibu – ibu bhayangkari Polres Banjar sebanyak 100 orang.