RAKONTEK PENYUSUNAN PERENCANAAN KEBUTUHAN BARANG MILIK DAERAH

Rabu, 7 Maret 2018 bertempat di aula Bappelitbang Lantai 3 Kabupaten Banjar, Subbag Perencanaan bekerjasama dengan subbag Keuangan dan pengelolaan aset Dinas Kesehatan mengadakan kegiatan Rapat koordinasi teknis (Rakontek) bulan Maret dan mekanisme penyusunan perencanaan Kebutuhan Barang Milik Daerah (RKBMD) untuk tahun 2019.  Pertemuaan ini dibuka secara resmi oleh Sekretaris Dinas Kesehatan Kab Banjar. Dan dihadiri oleh Kabid Kesehatan Masyarakat dan Kabid P2P. Adapun peserta pertemuan diikuti sebanyak 26 orang Kepala Tata Usaha dan 26 orang pengurus barang seluruh UPT. Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar

Pertemuan ini merupakan tindak lanjut hasil pemeriksaan BPK dengan berpedoman pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 19 tahun 2016 tentang pengelolaan Barang Milik Daerah, maka Subbag Perencanaan bekerjasama dengan subbag Keuangan dan pengelolaan aset mengadakan kegiatan ini.

Adapun Rencana Tindak lanjut (RTL) dari kegiatan ini adalah masing-masing UPT Kesehatan dan Dinas Kesehatan membuat usulan RKBMD pengadaan dan pemeliharaan tahun 2019 setelah pagu anggaran ditetapkan. Usulan tersebut dihimpun, ditelaah dan disampaikan kepada pengelola Barang sebagai dasar penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) SOPD Dinas Kesehatan tahun 2019. Mekanisme perencanaan kebutuhan Barang Milik Daerah mengacu pada Permendagri No. 19 tahun 2016 sebagaimana skema dibawah ini (pada gambar).

Semoga dengan telah dilaksanakan pertemuan ini diharapkan perencanaan dan penganggaran belanja untuk tahun 2019 lebih baik lagi.

(*Bidang SDK –Seksi Data Informasi Kesehtan & SDMK)