KAJI TIRU SIKDA GENERIK DARI DINAS KESEHATAN KABUPATEN TANAH LAUT KE DINAS KESEHATAN KABUPATEN BANJAR

Senin, 23 April 2018, kunjungan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Laut ke Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar yang bermaksud untuk kaji tiru tentang aplikas SIKDA Generik yang merupakan produk dari Kementrian Kesehatan, mereka ingin beralih dari aplikasi serupa yang disediakan oleh pihak vendor ke aplikasi SIKDA Generik, dikarenakan rentan terhadap masalah keamanan data. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar Bpk, Ikhwansyah, M.Kes menyampaikan apresiasi ucapan terima kasih atas kedatangan teman-teman dari Dinas Kesehatan Kabupaten Tanah Laut yang mau kaji tiru tentang aplikasi SIKDA Generik, “silahkan ditiru yang menurut mereka dapat diterapkan dan tidak ada yang tidak bisa kita lakukan sepanjang niat kita mulia dan dengan melalui aplikasi SIKDA Generik ini sangat membantu Dinas Kesehatan dan Puskesmas memantau situasi penyakit terkini, berkat dari teman-teman kita di puskesmas yang sudah mengentry data di aplikasi SIKDA Generik pada saat melakukan pelayanan”.

                Aplikasi SIKDA Generik yaitu aplikasi berbasis web yang dibangun bertujuan untuk merekam semua kegiatan pelayanan puskesmas agar data tertampung pada satu database dan memudahkan dalam merekap laporan-laporan puskesmas. Aplikasi SIKDA Generik ada yang berupa OffLine dan OnLine, aplikasi SIKDA Generik OffLine memerlukan sebuah server lokal untuk menampung semua data transaksi kegiatan pelayanan puskesmas, berbeda dengan SIKDA Generik OnLine yang pusat datanya tertampung pada server Pusdatin Kementrian Kesehatan, sehingga sangat membantu pihak Kementrian Kesehatan untuk memantau masalah kesehatan di kabupaten-kabupaten seluruh Indonesia dan dapat melihat langsung data-data yang sudah di masukkan oleh puskesmas baik itu berupa Data pasien, kunjungan pasien, data penyakit, dan data lainnya, kelebihan SIKDA Generik OnLine sudah Bridging dengan aplikasi P-Care BPJS dan Bridging dengan NIK DUKCapil.

Kabupaten Banjar merupakan yang pertama menerapkan aplikasi SIKDA Generik di wilayah Kalimantan Selatan, Aplikasi SIKDA Generik di Kabupaten Banjar mulai di terapkan dan berjalan pada tahun 2017 di UPT. Puskesmas Martapura 1 kemudian di tahun 2018 disusul 5 Puskesmas lainnya yaitu UPT. Puskesmas Martapura 2, UPT. Puskesmas Gambut, UPT. Puskesmas Kertak Hanyar, UPT. Puskesmas Sungai Tabuk 3 dan UPT. Puskesmas SImpang Empat 2. Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar kedepannya bertujuan ingin menerapkan aplikasi SIKDA Generik ini di 24 Puskesmas yang ada di Kabupaten Banjar secara bertahap.