“PUSKESMAS DI KABUPATEN BANJAR MENERAPKAN APLIKASI SIKDA GENERIK DAN AKAN DITAMPILKAN DI COMMAND CENTER BUPATI”

Kertak Hanyar, Pertemuan Sistem Informasi Puskesmas (SIKDA) di Hotel Aston tanggal 26-28 Juli 2018 berlangsung lancar yang dihadiri oleh kepala puskesmas, KTU Puskeamas dan Pengelola SIKDA Generik


Dalam pertemuan tersebut sekaligus penandatanganan komitmen pada 12 (duabelas) puskesmas untuk menerapkan SIKDA Generik pada layanan puskesmas pada tahun 2018. Enam Puskesmas sudah berjalan sejak akhir tahun 2017 dan awal 2018, dan enam puskesmas lagi yang dalam tahun ini mulai merintis untuk menerapkan di puskesmas pada tahun ini.


Data-data layanan puskesmas yang terkoneksi dengan SIKDA Generik dapat diakses dari Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar dan nantinya menurut informasi dari Dinas Kominfo dan Persandian Kabupaten Banjar, data-data tersebut akan ditampilkan di command center bupati yang akan launching dalam waktu dekat ini.


Dalam pertemuan itu dijelaskan tentang puskesmas peran aktif dalam pembangunan smart city Kabupaten Banjar imbuh Kabid Penyelenggaraan e-Goverment Dinas Kominfo, Cornelius Kristiyanto, S.Si, M.Si
Sementara itu pihak Pusdatin Kementerian Kesehatan bersedia memfasilitasi sharing data kesehatan yang diperlukan demi tercapainya satu data kesehatan.


Kegiatan ini ditutup dengan kegiatan kunjungan ke Puskesmas Martapura 1 yang telah melaksanakan SIKDA Generik sebagai tempat pembelajaran bagi puskesmas dan pihak Pusdatin.


“Kami akan meningkatkan speed server Pusdatin agar tidak ada lagi hambatan saat mengupload data dari puskesmas ke server pusdatin” kata Ika Kurniasih, S.Kom, MKM Kasubbid Pengelolaan Aplikasi dan Database yang didampingi oleh Dadan Ramdani, S.Kom selaku staf yang menguasai aplikasi SIKDA Generik.

Kegiatan diakhiri dengan penandatanganan Komitmen penggunaan Aplikasi SIKDA Generik oleh Kasubbid Pengelola Aplikasi dan Database Pusdatin Kemenkes (Ika Kurniasih, S.Kom,. MKM) , ditandatangani Kabid Penyelenggaraan e-Goverment Dinas Kominfo, (Cornelius Kristiyanto, S.Si, M.Si), Kabid Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan (Dedi Kurniadi, SKM), Seluruh Kepala Puskesmas yang menerapkan Aplikasi SIDKA Generik serta seluruh peserta pada Pertemuan Sistem Informasi Puskesmas (SIKDA)